Festival biologi 2014

 Dewasa  ini sistem pendidikan di indonesia sedang mengalami proses pembaharuan dalam bidang peningkatan mutu pendidik ( guru )  yakni dalam bentuk pelatihan guru professional, kini kebutuhan penting untuk seorang guru adalah memahami silabus dan kurikulum 2013 yang merupakan sistem pembaharuan pendidikan untuk menjawab tantangan masa depan dalam menghadapi globalisasi. Kompetensi seorang pendidik akan di tingkatkan dalam program pemerintah, bagaimana membangun motivasi seorang guru untuk memajukan pendidikan ? bagaimana membangun kreatifitas guru dalam melakukan proses belajar sesuai kebutuhan masa depan ? bagaimana mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam suatu silabus dan rancangan proses pembelajaran secara langsung? Maka dari itu, kami sebagai  mahasiswa  jurusan pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan akan mencoba memfasilitasi guru-guru dan mahasiswa jurusan pendidikan dalam mempelajari, memahami, dan mengaplikasikan kurikulum 2013 yang dituangkan dalam bentuk workshop dengan content bincang edukasi  yakni mengupas tuntas  silabus dan RPP yang di integrasikan dari kurikulum 2013, dan content bioteknologi yang tertuang dalam judul “tepung dari kulit pisang”.
Tujuan dari kegiatan ini untuk mempersiapkan kompetensi  mahasiswa jurusan pendidikan khususnya fakultas keguruan dan ilmu pendidikan di universitas pasundan dalam bidang kompetensi pedagogis , mengacu terhadap  Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen  dikemukakan kompetensi pedagogik adalah “kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik”.  Depdiknas (2004:9)menyebut kompetensi ini dengan “kompetensi pengelolaan pembelajaran. Kompetensi ini dapat dilihat dari kemampuan merencanakan program belajar mengajar, kemampuan melaksanakan interaksi atau mengelola proses belajar mengajar, dan kemampuan melakukan penilaian. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kami berharap dapat mensukseskan program pemerintah dalam melaksanakan pembaharuan sistem pendidikan, dengan menjawab tuntutan masa depan dengan karya-karya perpaduan skill dan softskill ilmiah yaitu bioteknologi pangan.
Kegiatan tambahan lainnya adalah green campus  implementasi dari gerakan cinta lingkungan dengan cara kita berkebun di area kampus tertuang dalam kontinuitas kami menanam-kemudian memanen sayur dalam komunitas @unpasberkebun. Setelah kita berkebun, sesuai dengan sikap ilmiah mahasiswa kami akan memberikan identitas tanaman dan tumbuhan di sekitar kampus dengan kegiatan labelisasi dalam kampus. Berimbang dengan visi misi universitas pasundan yang berbunyi “luhung elmuna, pengkuh agamana, jembar budayana”, kami akan melaksanakan  kegitan kasundaan yakni mengangkat  kebudayaan sunda yang memfasilitasi mahasiswa yang ingin berkreasi seni sunda dalam kegiatan  lembur biologi sebagai tanda cinta kami walaupun mahasiswa biologi tetapi kita bersama-sama ikut ngamumule budaya sunda.

Postingan Populer

Otot