Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM)

Oleh : Sekplak Kegiatan
Kamaludin

Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) adalah latihan yang dilaksanakan secara berturut-turut setiap ganti kepengurusan di HIMPUNAN MAHASISWA BIOLOGI,dengan menghadirkan mahasiswa dan mahasiswi BIOLOGI FKIP UNPAS. Dalam rangka memberikan wawasan dan pemahaman tentang pengembangan kepemimpinan. Latihan Kepemimpinan Mahasiswa memiliki tema “the best leader by the great character”.

Acara ini memiliki maksud menanamkan dan mengembangkan jiwa dan semangat kepemimpinan bagi mahasiswa. Tujuan acara ini yaitu : Mempererat tali persaudaraan dan silahturahmi antar mahasiswa biologi, mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam diri mahasiswa, membangun mental pemimpin dalam diri mahasiswa, mengarahkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang beretika dan bermoral baik.

Acara yang dilaksanakan pada jum’at s/d sabtu tanggal 23-24 Desember 2011 yang bertempat di Taman Firdaus Lembang. Jumlah peserta yang mengikuti acara LKM ini kurang lebih sebanyak 97 orang. Setiap mahasiswa yang mengikuti acara ini terlihat sangat antusias dalam mendengarkan setiap materi yang disampaikan oleh pemateri. Antusiasme para mahasiswa semakin terlihat ketika sesi Tanya jawab berlangsung, segera saja semua mahasiswa berebutan untuk bertanya. Bagaimana tidak, pemateri yang dihadirkan oleh panitia adalah pemateri yang handal dalam bidangnya. Latihan Kepemimpinan Mahasiswa ini meliputi materi sajian, yaitu:
  • Ledership, yang dibawakan oleh Syamsul Ma’arief
  • Retorika , yang dibawakan oleh Tri Cahyanto S.Pd,M.Si
  • Kultur Kepemimpinan di FKIP, yang di bawakan oleh DR.H.Aziz Lukman Praja M.Si
  • Problem Solving, yang di bawakan oleh Master Abuzi
Selain materi,panitia mengadakan acara hiburan,games,serta post-posan. Dalam acara pos-posan ini panitia menyeleksi setiap peserta yang mempunyai dasar kepemimpinan untuk bahan dalam acara HIMPUNAN selanjutnya,selain itu untuk menyeleksi anggota kepengurusan di masa yang akan datang agar lebih bisa memajukan HIMPUNAN MAHASISWA BIOLOGI.

Acara LKM ini berlanjut pada ke esokan harinya pada hari sabtu tanggal 24 Desember 2011,dengan senam pagi,sarapan dan debat antar mahasiswa yang bertema tentang kebijakan impor beras. Semua mahasiswa sangat senang dengan adanya acara ini dan berharap LKM selanjutnya dapat menjadi tonggak dalam pembentukan karakter pemuda penerus bangsa dalam perbaikan Indonesia ke depannya. Acara ini pun di tutup oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Biolgi FKIP UNPAS serta doa kepada ALLAH SWT yang telah memberikan taufik dan hidayahnya sehingga acara LKM ini dapat terlaksana dengan baik.

Postingan Populer